Langsung ke konten utama

BAHAN AJAR BAHASA ARAB TERKAIT TA'ARUF

BAHAN AJAR WACANA TERTULIS DENGAN TOPIK TA’ARUF

Mata Pelajaran          : Bahsa Arab
KI
KI-3                : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4                : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar     :
PENGETAHUAN:
 3.1.Memahami wacana terkait topik " التعَارف" (perkenalan) berunsur Isim Isyarah.
KETERAMPILAN :
4.1. Melafalkan  kata  terkait topik "التَّعَارُف" (Perkenalan)
4.2. Menyajikan arti kosa kata terkait topik  "التَّعَارُف" (Perkenalan)
4.3. Membaca teks sederhana terkait topik "التَّعَارُف" berunsur Isim Isyarah
Indikator                     :
3.1.1        Mengidentifikasi gagasan utama wacana terkait topik "التعَارف"
3.1.2        Mengidentifikasi isi wacana terkait topik "التعَارف" (perkenalan)
4.1.1. Membaca dengan nyaring kata dan/ atau kalimat dalam teks sederhana  terkait topik "التعَارف" (Perkenalan) dengan benar
4.1.2. Mempraktikkan pengucapan kata/ ungkapan dalam hiwar (dialog) terkait topik "التعَارف" (Perkenalan) dengan benar
4.1.3  Menghafal arti kosa kata dalam teks sederhana terkait topik "التعَارف" (Perkenalan) dengan benar.
 4.1.4  Mengartikan kosa kata dan/ atau kalimat dalam wacana tentang  "التعَارف" (Perkenalan)
4.1.5. Mendemonstrasikan hiwar (dialog) tentang  "التعَارف" (Perkenalan)
4.1.6. Menggunakan ungkapan dalam hiwar (dialog) tentang "الَّتعَارُف" (Perkenalan)

Tujuan                        :
1.                  Siswa dapat Mengidentifikasi gagasan utama wacana terkait topik "التعَارف" (perkenalan) berunsur Isim Isyarah.
2.                  Siswa dapat Mengidentifikasi isi wacana terkait topik "التعَارف" (perkenalan)
3.                  Siswa dapat Mengidentifikasi unsur isim isyarah dalam kata dan/ atau kalimat sederhana   tentang "التعَارف" (perkenalan)
4.                  Siswa dapat Membaca dengan nyaring kata dan/ atau kalimat dalam teks sederhana  terkait topik "التعَارف" (Perkenalan) dengan benar
5.                  Siswa dapat Mempraktikkan pengucapan kata/ ungkapan dalam hiwar (dialog) terkait topik "التعَارف" (Perkenalan) dengan benar
6.                  Siswa dapat Menghafal arti kosa kata dalam teks sederhana terkait topik "التعَارف" (Perkenalan) dengan benar.
7.                  Siswa dapat Mengartikan kosa kata dan/ atau kalimat dalam wacana tentang  "التعَارف" (Perkenalan)
8.                  Siswa dapat Mendemonstrasikan hiwar (dialog) tentang  "التعَارف" (Perkenalan)
9.                  Siswa dapat Menggunakan ungkapan dalam hiwar (dialog) tentang "الَّتعَارُف" (Perkenalan)
Materi Pembelajaran :

 تعارف

صباح الخير - صباح النور

أهلا وسهلا- أهلا بك

كيف حالك - بخير ألحمد لله

من إسمك ؟ - إسمي بني أنطاني

من أين جئت ؟ جئت من وي كندس

إلى اللقى - مع السلامة

شكرا- عفوا

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siroh Nabawiyyah

Assalamualaikum. Wr. Wb Bersyukur atas nikmat yg tak terhingga..sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kehadirat nabi kita,rasulullah Muhammad saw..  Untuk hari,  abi mengingatkan jgn lupa awali hari dgn Bismillah dan jgn lupa sholat dhuha ya..  Silahkan di baca dan sedikit infokan pada kolom komentar tentang sejarah dakwah Nabi Sulaiman as. 

Siroh Nabawiyah

Assalamualaikum... Kelas X IPA 5, XI IPS 1, dan XI IPS 2 Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah.   Hari ini pelajaran abi ya... Mari kita awali dengan Bismillah dan jangan lupa sholat 5 waktu dan dhuha nya ya.  Untuk pembelajaran hari ini silahkan buka link youtube di bawah ini.  Lalu di simak apa yg abi sampaikan.  Jgn lupa di Like and share ya.. Hehehhe oh ya suscribe juga ya.. 😀 Sama jgn lupa dkomen ya di kolom komentar blog ini.. 😉 Selamat menyaksikan dan smoga bermanfaat... Amin https://youtu.be/_NQ6dKFmBZg

Sejarah Nabi Ilyasa : XI IPA 1

Assalamualaikim. Wr. Wb Selamat pagi kelas XI IPA 1...semoga selalu dalam lindungan Allah swt.  Untuk pertemuan kali ini kita akan belajar sejarah nabi Ilyasa.. Namun sebelmnya mari kita awalai dengan BASMaLLAH...  Tidak bosan2 nya mengingatkan jgn lupa untuk mendirikan sholat dhuha ya..  Untuk sejarah nabi ilyasa silahkan di baca dan dpelajari naskah dibawah ini.. Lalu kalian ambil beberapa poin penting dan tuliskan di kolom komentar ya nak...  Terima kasib semangat sellau dalam menuntut ilmu.. Smoga seukses kedepannya.. Amin..  Nabi Ilyasa A.S Nabi Ilyasa adalah murid dari Nabi Ilyas as. Ia adalah salah seorang Nabi dan Rasul dari kalangan Bani Israil. Dalam Al Quran, nama Ilyasa disebutkan sebagai orang yang dilebihkan derajatnya. “Dan Ismail, Ilyasa, Yunus dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan derajatnya di atas umat (di masanya)”. (QS. Al-An’aam : 48).  Allah juga menggolongkan Nabi Ilyasa sebagai orang yang paling baik. “Dan ingatlah akan Ismail, Ilya...