BAHAN
AJAR WACANA TERTULIS DENGAN TOPIK TA’ARUF
Mata Pelajaran : Bahsa Arab
KI
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 : Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkanketerampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar :
PENGETAHUAN:
3.1.Memahami wacana terkait topik
" التعَارف" (perkenalan) berunsur Isim Isyarah.
KETERAMPILAN :
4.1. Melafalkan kata
terkait topik "التَّعَارُف" (Perkenalan)
4.2. Menyajikan arti kosa kata terkait
topik "التَّعَارُف"
(Perkenalan)
4.3. Membaca teks sederhana terkait topik
"التَّعَارُف" berunsur Isim Isyarah
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi gagasan utama
wacana terkait topik "التعَارف"
3.1.2
Mengidentifikasi isi wacana terkait
topik "التعَارف" (perkenalan)
4.1.1. Membaca dengan nyaring kata dan/ atau kalimat dalam teks
sederhana terkait topik "التعَارف" (Perkenalan)
dengan benar
4.1.2. Mempraktikkan pengucapan kata/ ungkapan dalam hiwar (dialog) terkait
topik "التعَارف"
(Perkenalan) dengan benar
4.1.3 Menghafal arti kosa kata dalam
teks sederhana terkait topik "التعَارف" (Perkenalan)
dengan benar.
4.1.4 Mengartikan kosa kata dan/ atau kalimat dalam
wacana tentang "التعَارف" (Perkenalan)
4.1.5. Mendemonstrasikan hiwar (dialog) tentang "التعَارف" (Perkenalan)
4.1.6. Menggunakan ungkapan dalam hiwar (dialog) tentang "الَّتعَارُف" (Perkenalan)
Tujuan :
1.
Siswa dapat Mengidentifikasi gagasan
utama wacana terkait topik "التعَارف" (perkenalan) berunsur Isim Isyarah.
2.
Siswa dapat Mengidentifikasi
isi wacana terkait topik "التعَارف" (perkenalan)
3.
Siswa dapat Mengidentifikasi
unsur isim isyarah dalam kata dan/ atau kalimat sederhana tentang "التعَارف" (perkenalan)
4.
Siswa dapat Membaca dengan nyaring kata dan/ atau kalimat dalam teks sederhana terkait topik "التعَارف" (Perkenalan)
dengan benar
5.
Siswa dapat Mempraktikkan pengucapan kata/ ungkapan dalam hiwar (dialog) terkait topik
"التعَارف"
(Perkenalan) dengan benar
6.
Siswa dapat Menghafal arti kosa kata dalam teks sederhana terkait topik "التعَارف" (Perkenalan)
dengan benar.
7.
Siswa dapat Mengartikan kosa kata dan/ atau kalimat dalam wacana tentang "التعَارف" (Perkenalan)
8.
Siswa dapat Mendemonstrasikan hiwar (dialog) tentang
"التعَارف"
(Perkenalan)
9.
Siswa dapat Menggunakan ungkapan dalam hiwar (dialog) tentang "الَّتعَارُف" (Perkenalan)
Materi
Pembelajaran :
الحوار
الأول : أنظر واستمع وأعد
حالد
: السلام عليكم
خليل
: وعليكم السلام
خالد
: إسمي خالد، مااسمك ؟
خليل
: إسمي خليل
خالد
: كيف حالك ؟
خليل
: بخير والحمد لله. وكيف حالك أنت؟
خالد
: بخير والحمد لله
Komentar
Posting Komentar